Manigee – BMKG LGO4D: Satu Pusat Tekanan Rendah dan 2 Sirkulasi Siklonik Pengaruhi Cuaca Hari Ini

Manigee – Potensi cuaca hujan rimbun yang bisa diiringi petir serta angin cepat sedang melingkupi banyak area provinsi LINK LGO4D di Indonesia pada hari ini, Jumat 19 April 2024. Di Jawa misalnya, kemampuan itu terdapat di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, serta Jawa Timur.

Bagi BMKG, peringatan dini cuaca itu dipengaruhi oleh aspek pusat titik berat kecil yang terpantau di Laut Arafura di sisi selatan Merauke. Sistem itu membuat wilayah pertemuan serta perlambatan kecekatan angin( konvergensi serta konfluensi) di Papua bagian selatan.

” Kemampuan sistem titik berat kecil itu buat jadi siklon tropis terletak pada jenis kecil pada hari ini, rendah- sedang pada Sabtu esok, serta kecil pada Ahad esok,” suara penjelasan dari BMKG melalui pembaruan analisisnya yang dicoba pada Kamis siang.

Tidak hanya pusat titik berat kecil itu, terdapat pula perputaran siklonik terpantau terletak di perairan barat Aceh. Sistem ini membuat wilayah konvergensi memanjang dari Sumatera Utara sampai Aceh serta di perairan barat Aceh.

BMKG pula memantau terdapatnya perputaran siklonik yang lain lagi di Laut Banda. Yang ini mempengaruhi membuat wilayah konvergensi memanjang di Timor Leste sampai Laut Banda serta di Maluku.

Wilayah konvergensi SITUS4D INDONESIA yang lain pula terpantau memanjang dari Lampung sampai Sumatera Barat, dari Bangka Belitung sampai Riau, dari Jawa Barat sampai Banten, dari Jawa Timur sampai Jawa Tengah, di Laut Jawa, di NTT, dari Kalimantan Tengah sampai Kalimantan Barat, di Sulawesi Tengah, di Maluku Utara, Papua Barat serta di Papua.

” Situasi itu sanggup tingkatkan kemampuan perkembangan awan hujan di dekat pusat titik berat kecil, perputaran siklonik, serta di selama wilayah konvergensi itu,” tutur BMKG.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *